Langsung ke konten utama

Sensor Temperatur

Sensor Temperatur Dengan Output Led Berbasis Arduino

Tujuan :
1. Untuk dapat membuat rangkaian sensor temperatur dengan output led berbasis arduino

Alat dan Bahan :
     1. Board Arduino
    2. Potensiometer
    3. Sensor TMP (LM 35)
    4. Kabel Jumper
    5. Program Arduino
    6. LCD

Dasar Teori :
      Sensor suhu adalah komponen elektronika baik aktif maupun pasif yang dapat merespon perubahan temperature atau suhu disekitar komponen tersebut dan menghasilkan perubahan elektrik sesuai dengan perubahan suhu atau temperature yang direspon komponen tersebut. Sensor suhu banyak digunakan dalam kehidupan kita, sebagai contoh alat yang menggunakan sensor suhu adalah termometer digital.


     Jenis-Jenis Sensor Suhu


Program untuk arduino

Program IDE arduino amat mungkin  untuk menuliskan baris program yang mampu membaca knowledge sensor LM35 yang itu merubah knowledge analog sensor menjadi knowledge digital pada arduino. untuk meraih nilai suhu yang akurat maka wajib perhatikan dataset dari LM35 yang mana perubahan suhu adalah 10mv/derajat celsius, bersama demikin  akan mengakibatkan rumus yang mampu menkonversi nilai tersebut bersama mengkalkulasi nilai ADC yang masuk lantas mengkonversikannya menjadi nilai tegangan milivolt dimana pada arduino pakai ADC 10bit yaitu 1024 dan tegangan refrensi sebesar vcc yanitu 5Volt bersama demikin akan di dapatkan persamaan layaknya seperti berikut: derajat celsius= (adc/1024)*5000/10 .
Gambar Rangkaian :


Program Yang Digunakan :


Langkah Percobaan : 
1. Membuat rangkaian seperti gambar di atas dengan menggunakan arduino, lcd, sensor TMP, dan potensiometer.
2. Dan menginputkan program seperti program di atas.
Hasil atau Data Percobaan :


Analisa
    Dari percobaan yang menggunakan sensor suhu ini dapat di ketahui bahwa sensor suhu adalah komponen elektronika baik aktif maupun pasif yang dapat merespon perubahan temperature atau suhu disekitar komponen tersebut dan menghasilkan perubahan elektrik sesuai dengan perubahan suhu atau temperature yang direspon komponen tersebut. Untuk menampilkan berapa besar suhu yang di deteksi maka harus menggunakan sebuah Lcd. Dan jika menggunakan Lcd harus menggunakan potensiometer karena potensiometer disini berfungsi untuk menaikkan kontras dari Lcd, agar tulisan yang di tampilkan pada Lcd lebih jelas dan dapat dibaca. Pada percobaan ini menggunakan tegangan sumber sebesar 5 volt. Dalam penggunaan sensor suhu, sensor suhu mendeteksi berapa besar perubahan suhu menggunakan rumus atau persamaan yaitu : (adc/1024)*5000/10 .

Kesimpulan 
1. Sensor suhu digunakan untuk merespon perubahan suhu yang ada disekitarnya.
2. Untuk mendeteksi berapa besar perubahan suhu, maka sensor suhu menggunakan persamaan = (adc/1024)*5000/10 .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAPORAN PRAKTIKUM KONTROL SERVO MENGGUNAKAN NODE MCU

KONTROL SERVO MENGGUNAKAN NODE MCU 1. Tujuan      Mahasiswa dapat membuat dan mensimulasikan rangkaian kontrol servo yang menggunakan Node Mcu. 2. Alat dan Bahan      Node MCU     Motor servo     Breadboard     Kabel Jumper     Kabel USB mikro     Aplikasi Arduino IDE     Aplikasi BLYNK     Perangkat Android 3. Dasar Teori     NodeMCU pada dasarnya adalah pengembangan dari ESP 8266 dengan firmware berbasis e-Lua. Pada NodeMcu dilengkapi dengan micro usb port yang berfungsi untuk pemorgaman maupun power supply. Selain itu juga pada NodeMCU di lengkapi dengan tombol push button yaitu tombol reset dan flash. NodeMCU menggunakan bahasa pemorgamanan Lua yang merupakan package dari esp8266. Bahasa Lua memiliki logika dan susunan pemorgaman yang sama dengan c hanya berbeda syntax. Jika menggunakan bahasa Lua maka dapat menggunakan tool Lua loader maupun Lua uploder. Selain dengan bahasa Lua NodeMCU juga support dengan sofware Arduino IDE dengan melakukan sedikit peru

Simulation Sensor Ping

Sensor Ping Tujuan Mampu menuliskan kode program dalam bahasa C. Mampu menuliskan kode program untuk menampilkan karakter pada LCD. Mampu menuliskan kode program untuk membaca data sensor ping dan menampilkannya di LCD.      2.  Software / Hardware yang digunakan Tinkercad Personal Computer (PC)      3 . Dasar Teori            Sensor PING merupakan sensor ultrasonik yang dapat mendeteksi jarak obyek dengan cara memancarkan gelombang ultrasonik dengan frekuensi 40 KHz dan kemudian mendeteksi pantulannya.  Sensor  ini dapat mengukur jarak antara 3 cm sampai 300 cm. keluaran dari sensor ini berupa pulsa yang lebarnya merepresentasikan jarak. Lebar pulsanya bervariasi dari 115 uS sampai 18,5 mS. Pada dasanya, Ping))) terdiri dari sebuah chip pembangkit sinyal 40KHz, sebuah speaker ultrasonik dan sebuah mikropon ultrasonik. Speaker ultrasonik mengubah sinyal 40 KHz menjadi suara sementara mikropon ultrasonik berfungsi untuk mendeteksi pantulan suaranya.  Pin s