Langsung ke konten utama

Konfigurasi Dasar Mikrotik :
Jika kita ingin mengkonfigurasi dasar mikrotik maka yang perlu di persiapkan terlebih dahulu yaitu :


  1. Mikrotik
  2. Kabel LAN (2)
  3. Kabel Power
  4. PC yang akan di konfigurasi
Jadi langkah-langkah konfigurasi nya yaitu :
  1. Menghubungkan kabel power ke mikrotik.
  2. Menghubungkan satu kabel LAN ke mikrotik dan ke PC yang akan di konfigurasi.
  3. Mengatur IP address, subnet mask, dan IP DNS server terlebih dahulu. 

  4. Membuka aplikasi Winbox, maka akan terbuka tampilan seperti dibawah ini. 
  5. Memilih IP address, dan menginputkan IP address yang diberikan ke PC beserta memilih interface sesuai dengan posisi kabel LAN. 
  6. Menghubungkan satu kabel LAN lagi ke mikrotik dan ke switch, setelah itu menginputkan IP address dan network address nya. 
  7. Membuka IP DHCP Client, menekan tombol plus warna biru, setelah itu mengatur interface nya sesuai dengan Kabel LAN yang terhubung ke switch, lalu tekan ok. 
  8. Membuka Firewall, lalu memilih NAT, menekan tombol plus biru, lalu mengatur out interface sesuai dengan interface kabel LAN ke switch, ok. 
  9. Masih pada Firewall dan NAT, tetapi yang dipilih yaitu Action, pada action dipilih masquerade, ok. 
  10. Membuka Wireless Table, lalu memilih Security Profiles, memberi tanda centang pada WPA PSK dan WPA2 PSK, dan menginputkan shared key nya, ok. 
  11. Masih pada wireless table, tetapi yang dipilih adalah wifi interface, pada mode nya di rubah menjadi ap bridge dan SSID nya dirubah sesuai yang di inginkan. 
  12. Jangan lupa untuk mengaktifkan tanda centang biru nya pada wireless tables, sehingga IP yang akan di tampilkan pada address list akan berwarna hitam. 
  13. Membuka IP DHCP Server, yang dipilih yaitu DHCP Setup, pada DHCP Setup yang selalu ditekan yaitu tanda next nya, maka tampilan nya akan seperti gambar dibawah ini. 
  14. Setelah konfigurasi selesai, maka  dhcp1 pada DHCP Server akan berwarna merah, hal ini karna belum ada terhubung ke perangkat manapun. Tetapi jika sudah terhubung akan berwarna hitam. 
  15. Setelah selesai maka konfigurasi ini bisa di backup agar aman. cara nya yaitu membuka file lalu backup dan memberikan nama file nya. 
  16. Ini merupakan hasil trouble shoot dari IP yang digunakan dengan cara mengeping IP tersebut pada terminal. 

Terimakasih :)



















Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAPORAN PRAKTIKUM KONTROL SERVO MENGGUNAKAN NODE MCU

KONTROL SERVO MENGGUNAKAN NODE MCU 1. Tujuan      Mahasiswa dapat membuat dan mensimulasikan rangkaian kontrol servo yang menggunakan Node Mcu. 2. Alat dan Bahan      Node MCU     Motor servo     Breadboard     Kabel Jumper     Kabel USB mikro     Aplikasi Arduino IDE     Aplikasi BLYNK     Perangkat Android 3. Dasar Teori     NodeMCU pada dasarnya adalah pengembangan dari ESP 8266 dengan firmware berbasis e-Lua. Pada NodeMcu dilengkapi dengan micro usb port yang berfungsi untuk pemorgaman maupun power supply. Selain itu juga pada NodeMCU di lengkapi dengan tombol push button yaitu tombol reset dan flash. NodeMCU menggunakan bahasa pemorgamanan Lua yang merupakan package dari esp8266. Bahasa Lua memiliki logika dan susunan pemorgaman yang sama dengan c hanya berbeda syntax. Jika menggunakan bahasa Lua maka dapat menggunakan tool Lua loader maupun Lua uploder. Selain dengan bahasa Lua NodeMCU juga support dengan sofware Arduino IDE dengan melakukan sedikit peru

Simulation Sensor Ping

Sensor Ping Tujuan Mampu menuliskan kode program dalam bahasa C. Mampu menuliskan kode program untuk menampilkan karakter pada LCD. Mampu menuliskan kode program untuk membaca data sensor ping dan menampilkannya di LCD.      2.  Software / Hardware yang digunakan Tinkercad Personal Computer (PC)      3 . Dasar Teori            Sensor PING merupakan sensor ultrasonik yang dapat mendeteksi jarak obyek dengan cara memancarkan gelombang ultrasonik dengan frekuensi 40 KHz dan kemudian mendeteksi pantulannya.  Sensor  ini dapat mengukur jarak antara 3 cm sampai 300 cm. keluaran dari sensor ini berupa pulsa yang lebarnya merepresentasikan jarak. Lebar pulsanya bervariasi dari 115 uS sampai 18,5 mS. Pada dasanya, Ping))) terdiri dari sebuah chip pembangkit sinyal 40KHz, sebuah speaker ultrasonik dan sebuah mikropon ultrasonik. Speaker ultrasonik mengubah sinyal 40 KHz menjadi suara sementara mikropon ultrasonik berfungsi untuk mendeteksi pantulan suaranya.  Pin s

Sensor Temperatur

Sensor Temperatur Dengan Output Led Berbasis Arduino Tujuan : 1. Untuk dapat membuat rangkaian sensor temperatur dengan output led berbasis  arduino Alat dan Bahan :      1.  Board Arduino     2. Potensiometer     3. Sensor TMP (LM 35)     4. Kabel Jumper     5. Program Arduino     6. LCD Dasar Teori :         Sensor suhu  adalah komponen elektronika baik aktif maupun pasif yang dapat merespon perubahan temperature atau suhu disekitar komponen tersebut dan menghasilkan perubahan elektrik sesuai dengan perubahan suhu atau temperature yang direspon komponen tersebut. Sensor suhu banyak digunakan dalam kehidupan kita, sebagai contoh alat yang menggunakan sensor suhu  adalah termometer digital.      Jenis-Jenis Sensor Suhu Thermocouple (T/C) Resistance Temperature Detector (RTD) Thermistor IC Sensor Suhu Program untuk arduino Program IDE arduino amat mungkin  untuk menuliskan baris program yang mampu membaca knowledge sensor LM35 yang itu m